Kamis, 02 Januari 2014

Tulisan 15



Pemerintah Amerika menyebutkan bahwa Android menjadi mobile OS dengan serangan Malware terbanyak.

Institusi pemerintah Amerika Serikat yaitu Departemen keamanan dalam negeri dan Departemen Kehakiman diketahui telah merilis sebuah memo bersama yang isinya mengingatkan para institusi pemerintah Amerika mengenai ancaman bahaya Malware di ranah mobile.

Memo tersebut menyebutkan bahwa ancaman malware paling besar selama tahun 2012 ditargetkan untuk device ber-OS Android yaitu sebesar 79% dan Symbian OS sebesar 19%, sementara platform mobile lain seperti BlackBerry, iOS, Windows Phone hanya kurang dari 1%.

Disebutkan 3 resiko serangan malware paling umum ke Android yaitu trojan SMS yang mengirimkan pesan teks ke nomor premium, rootkits, dan pemalsuan domain Google Play. Memo tersebut juga menyarankan agar lembaga pemerintah yang menggunakan Android untuk menginstall applikasi software pengamanan, menginstall applikasi Carrier IQ test dan melakukan update OS.

Sebenarnya banyaknya jumlah serangan Malware ke Android adalah hal yang wajar dikarenakan OS Android memang paling banyak dipakai didunia. Selain itu, sifatnya yang opensource memudahkan setiap orang menganalisa kelemahan yang ada. Dimana hal ini makin diperparah dengan banyaknya device Android yang masih menggunakan OS versi lama.

Sumber Berita :
http://www.infoteknologi.com/berita/android-target-utama-serangan-malware/

Dikutip Tanggal : 01-01-2014

Analisis dan Komentar :

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini penggunaan OS Android pada alat komunikasi, sedang dalam puncaknya, bahkan mampu menggeser para pesaingnya. Namun seperti yang dikatakan pada artikel diatas bahwa Android memiliki ancaman malware terbesar selama tahun 2012.

Tentu saja malware sangat merugikan bagi para pengguna OS Android tersebut, karena memiliki dampak yang luas, ancaman malware ini merupakan lubang besar ditengah kesuksesan Android, namun justru para penggunalah yang harus lebih mengetahui tentang apa yang digunakannya dan apa saja kelebihan kekurangan, ancaman dan sebagainya.

Sifat OS Android yang open source dikatakan dapat memudahkan setiap orang menganalisa kelemahan yang ada, sehingga dapat digunakan sebagai bahan percobaan atau bahkan sengaja disalahgunakan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Namun jika dilihat dari sudut pandang lain justru para pengguna yang harus lebih teliti dalam memeliharanya, bahkan ada istilah “smart phone” lebih smart dari penggunanya. Maka dari itu sebagai pengguna teknologi kita harus lebih teliti dan berhati hati dalam menggunakan fasilitas yang ada juga tidak menyalahgunakannya,guna kenyamanan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar