Kamis, 07 November 2013

Tulisan 9



Penggunaan Internet di Indonesia 95 Persen untuk Sosmed


REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan sekitar 63 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, sebanyak 95 persen penggunaannya untuk sosial media (sosmeda) yakni facebook dan twitter.

"Pengguna facebook Indonesia nomor empat setelah USA, Brasil, dan India. Sedangkan twitter kita peringkat ke lima di dunia setelah USA, Brazil, Jepang dan Inggris," ujar Direktur Pelayanan Informasi Internasional, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominikasi dan Informasi, Selamatta Sembiring.

Ia menyampaikannya dalam simposium internasional komunikasi pembangunan untuk pembangunan berkelanjutan masyarakat perdesaan, di IPB Kampus Dramaga, Kabupaten Bogor, Rabu (30/10).
Kementerian Komunikasi dan Informasi juga merilis jumlah pengguna "gadget" di Indonesia sebanyak 280 juta, 63 persennya menggunakan telepon pintar (smart phone).

Selamatta menyebutkan, berbicara komunikasi di masyarakat Indonesia yang cukup heterogen, memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengakses komunikasi.
Beberapa kelompok masyarakat ada yang dengan mudah mendapatkan akses informasi melalui media masa, dan ICT. Dan sebagian lagi sulit mendapatkannya karena terbatasnya fasilitas sumberdaya manusia.
Menurut Selamatta, kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah dalam menyediakan informasi dan komunikasi pembangunan seperti mengembangkan, memberdayakan institusi sosial komunikasi yang ada di masyarakat.

"Sesuai dengan Peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 8 tahun 2010, kelompok sosial komunikasi harus diberdayakan dan dikembangkan," kata Selamatta.

Sumber Berita:

Analisa dan Komentar :
Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat, begitu pula dengan media komunikasi yang terus berkembang hingga sekarang. Perubahan jaman telah menimbulkan perubahan yang sangat signifikan, dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. termasuk trend komunikasi saat ini. Dahulu untuk komunikasi jarak jauh, orang-orang mengandalkan surat kabar atau pager, dan telepon umum serta email, kemudian mucul handphone untuk mengirim pesan singkat. Perkembangan handphone sangat pesat mulai dari yang tampilannya hanya hitam putih, hingga berwarna dan sekarang sudah mulai menggunakan smartphone. Dengan berkembangnya teknologi, maka fitur-fitur yang disuguhkanpun ikut berkembang menserasikan perkembangan teknologinya. Semakin canggih teknologinya, maka semakin canggih dan banyak pula media sosial yang tercipta termasuk Twitter, Facebook dan yang lainnya.
Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan sekitar 63 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet, sebanyak 95 persen penggunaannya untuk sosial media. Hal ini tentu tidak aneh, jika 95% penduduk indonesia menggunakan internet untuk sosmed karena Kementerian Komunikasi dan Informasi juga merilis jumlah pengguna "gadget" di Indonesia sebanyak 280 juta, 63 persennya menggunakan telepon pintar (smart phone). Meskipun internet banyak sekali manfaatnya tidak hanya untuk sosial media namun kenyataannya Indonesia menduduki peringkat empat didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar