Rabu, 18 Juni 2014

TIPS UNTUK MENGHASILKAN FOTO YANG BAGUS



#Tulisan7

-          Pegang kamera dengan mantap
Persoalan utama pada banyak fotografer ialah gambar atau objek yang mereka ambil menjadi blur/kabur. Pada beberapa kasus, image yang kabur disebabkan karena kamera bergerak (camera shake) karena tidak dipegang dengan kokoh. Gunakan kedua tangan untuk memegang kamera, misalnya telapak tangan kiri untuk memegang badan kamera bagian bawah sedangkan tangan kanan untuk memegang sisi kamea sebelah kanan dan untuk memencet shutter.

-          Ambil posisi sinar dibelakang anda
Fotografi adalah sesuatu yang berkaitan dengan cahaya. Untuk itu pikriranlah cahaya yang akan merpa objek foto.

-          Mencoba mendekat pada objek
Ada beberapa pendapat bahwa foto yang bagus ialah foto yang sederhana. Untuk itu mendekatlah dan hilangkan semua objek yang menggangu pada gambar dan carilah kepada poin yang menarik saja.

-          Pilihlah format foto
Untuk benda – benda yang tinggi, misalnya gedung bertingkat dan tiang, anda membutuhkan format vertikal untuk menekankan kesan ketinggian.

-          Masukan manusia kedalam gambar
Foto seperti pemandangan alam (landscape) memang menarik, tetapi akan lebih menarik lagi apabila memasukan objek manusia untuk memperteguh pemandangan alam tersebut. Misalnya, tunggulah saat seseorang melewati suatu jalan pada pemandangan alam.

-          Buatlah variasi
Cobalah membuat variasi foto misalnya jika suka memotret model atau bunga, ambillah dengan berbagai macam sudut, seperti close up, wide angle, pada cuaca yang bagus atau cuaca yang buruk.

-          Tambahkan kedalaman
Anda dapat menambahkan kedalaman dengan cara sederhana, yaitu dengan menambhkan objek yang akan menuntun mata, seperti saat pengambilan gambar gunung, dengan tambahan seorang manusia atau pohon didepannya maka akan mengesankan kedalaman atau prespektifnya.

-          Gunakan proporsi
Keindahan dari sebuah gambar kadangkala terletak pada bagaimana proporsi dan komposisinya. Teknik yang biasa digunakan seniman untuk proporsi dinamakan rule of thirds atau aturan tiga bagian. Baik yang horizontal maupun yang vertikal. Kemudian letakan objek ke salh satu dari garis atau perpotongan garis tersebut.jagan selalu menepatkan objek ditengah. Gunakan prinsif tersebut untuk menambah pariasi dan objek pendukung lain.

-          Mencari detail
Memfokuskan pada suatu objek sangat penting untuk dapat mempekuat foto anda agar lebih menarii.misalnya apabila anda mengambil gambar sebuah pohon  maka kesan yang ditimbulkan oleh foto anda adalah pohon itu apa adanya.

-          Letakan garis horison dengan tepat
Tempatkan garis horison dengan tepat untuk memberikan penekanan pada objek yang aanda ambil.misalnya,jika anda ingin memperlihatkan suatu bidang tanah. Gunakanlah garis horisontal yang tinggi.sedangkan untuk memperlihatkan lagnit,gunakanlah garis horisontal rendah.


Daftar Pustaka :
Pemanfaatan Kamera Digital & Pengolahan Imagenya, Jakarta: penerbit Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar