Rabu, 18 Juni 2014

JEJAK LANGKAH TEKNOLOGI KAMERA



#Tulisan4

Perkembangan teknologi komputer telah mencapai suatu tahapan yang tidak disangka sebelumnya. Seluruh aspek kebutuhan manusia tidak akan terlepas dari aktivitas yang berhubungan dengan peralatan komputer. Konspensi input, Proses dan akhirnya Output telah deikenal sebagai konspensi dasar yang menjadikan sistem komputasi sebagai suatu cabang ilmu yang sangat berkembang pesat dan menjadi primadona dalam pengembangan teknologi yang dicobakan secara intens agar bisa dipergunakan dalam segala aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi akhirnya menyadarkan akan pentingnya segala bentuk informasi bagi kehidupan manusia secara umum. Kebutuhan akan informasi menyebabkan semua kegiatan manusia akan selalu tertuju pada cara memberikan informasi, memanfaatkan informasi, serta mengolahnya sehingga kehidupan menjadi lebih baik. Ketergantungan manusia terhada[p informasi melahirkan beberapa teknologi yang memberikan kemudahan dalam proses berbagai informasi. Era teknologi informasi itulah yang terbentang didepan mata dengan segala pemanfaatan positif bahan terhadap sampah yang dihasilkan oleh teknologi informasi tersebut.

Teknologi informasi tidak terlepas dari beberapa perkembangan ilmu komputasi, programming, jaringan komputer, dtabase, hingga teknologi hardware pendukungnya, serta teknologi pengolahan image yang juga berkembang pesat. Perkembangan atas segala bentuk kecanggihan dari teknologi informasi tersebut akan bermuara pada kemaslahatan hidup manusia sendiri sehingga berbagai efek positif akan menjadi tujuan utamanya. Kehidupan manusia selalu dibayangi oleh keberadaan dua sisi, yakni pilihan baik dan buruk. Oleh karena itu, sekuat apapun efek positif teknologi tersebut, sisi lain dari tujuan utama akan selalu ada dan pengguna akhir harus selalu disadarkan akan segala resiko yang sudah menjadi takdir yang harus dijalani.

Revolusi Digital pada Kamera

Seluruh kehidupan manusia saat ini akan selalu bersinggungan dengan dunia digital. Mau tidak mau, suka tidak suka, dunia digital telah berada didepan mata. Teknologi-teknologi selalu baru setiap detik, bahkan dalam milidetik. Keengganan atas penguasaan teknologi baru bukan tidak mustahil akan terlindas oleh zama.
Dunia fotografi juga memiliki ketersinggungan yang sedemikian erat dengan dunia digital yang selama ini tidak berhubungan dengan dunia fotografi menjadi semakin baik.

Sejarah Fotografi

Istilah fotografi berasal dari dua kata dalam bahasa yunani, yahni photos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti menggambar. Sementara itu, kata kamera berasal dari bahasa latin Camera Obscura yang berarti kamar gelap atau “dark room”. Camera Obscura justru telah ditemukan beratus-ratus tahun sebelum fotografi dikenal seperti ini. Prinsip kuno kamar gelap yang menjadi dasar fotografi moderen saat ini, sinar akan masuk kedalam kamar gelap melalu lubang kecil sehingga akhirnya akan membentuk objek dari luar kamr gelap menjadi bayangan objek yang terbalik didinding kamar gelap. Diyakini bahwa prinsip itu ditemukan pada saat pemerintahan Yunani kuno oleh Aristoteles pada tahun 348 SM – 322 SM, dan kemudian ditulis ulang oleh Leonardo DaVici (1452-1519).

Pada abad 16, perbaikan dilakukan pada sistem kamar gelap dan lubang pin – hole kamera. Sistem itu menghasilkan gambar yang terlalu gelap sehingga ditambahkan lensa optis untuk meningkatkan kecerahan gambar. Prinsip kamera dengan penambahan lensa optis tersebut telah dibuat di Inggris pada tahun 1770 dengan ukuran kotak 6 x 6 cm. Tipe kamera itulah yang mendasari terbentuknya sistem kamera SLR dengan menempatkan beberapa cermin untuk menghasilkan gambar yang semakin baik. Tambahan beberapa cermin pasda kamera menghasilkan gambar yang tidak terbalik.

Beberapa sistem mekanis ditambhkan disertai dengan perbaikan posisi lensa sehingga gambar bisa menjadi lebih terang dan lebih fokus. Sistem Camera Obscura tersebut semakin berkembang dengan ditempatkannya beberapa lensa pada posisi tertentu sehingga kecerahan gambar dapat terbentuk secara sempurna.

Perkembangan awal fotografi berjalan seiring dengan ditemukannya beberapa fungsi baru yang diterapkan pada kamera, seperti teknik – teknik mekanis dan kimiawi untuk menghasilkan rekaman objek.

Daftar Pustaka :
Edi S. Mulyanta. Teknik Moderen Fotografi Digital Penerbit Andi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar