Rabu, 18 Juni 2014

BERINTERNET AMAN DARI VIRUS



#Tulisan2

Semakin lama kita berinteraksi dengan internet, semakin lebar kemungkinan komputer kita akan terangsang virus, worm, spywere, adwere, malware, dan sebagainya. Apalagi jika komputer kita tidak diproteksi dengan antivirus, anti spyware dan sebagainya. Serangan-serangan virus ini datangnya kadangkala tidak kita sadari, entah itu ia masuk kedalam sistem komputer kita menyusup bersamaan dengan file yang kita download, musik yang kita download atau bahkan halaman web tertentu yang kkita buka. Jadi, agar komputer kita aman dari berbagai serangan, berikut diberikan pembhasan mengenai langkah-langkah aman agar komputer terhindar dari serangan virus saat kita berinternet.

1. Langkah-langkah Browsing yang Aman

Internet menyediakan informasi yang tak terhitung banyaknya dan memberikan beragam kesenangan dalam berbagai bentuk. Namun dilain sisi, internet juga memiliki sisi buruk karena menjadi media bagi sekelompok orang untuk menyebarkan spam serta virus, melakukan hack dan hal-hal negatif lainnya.

Agar aman saat browsing, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan :
1)        Sebelum browsing, pastikan komputer telah dilindungi dengan program antivirus yang terpercaya. Saat ini ada banyak antivirus dan anti spyware yang tersedia dipasaran.
2)        Kunjungi situs-situs yang benar-benar anda percayai dengan memiliki tingkat keamanan terpercaya.
3)        Berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi bantu untuk men-download file.
4)        Jika mengakses internet dalam sebuah jaringan, maka aktifkanlah firewall. Firewall akan membatasi akses-akses yang tidak terorientasi oleh pihak lain.

2. Mengenali Sumber-Sumber Virus saat Browsing

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dan diperoleh melalui internet, muali dari chating, penelitian, hiburan hingga berbelanja. Selain memiliki sisi baikkarena memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya, internet juga memiliki sisi yang buruk. Terutama dengan munculnya pihak-pihak yang inginmerusak atau menggangu orang lain dengan jaringan komputer dengan menyebarkan virus.

Pada dasarnya, ada tiga sumber yang dapat membahayakan saat sedang melakukan browsing. Berikut ini ketiga sumber tersebut :

1)        Email dan Instant Messaging bisa menjadi sumber virus dari pesan yang dikirimkan oleh spammers melalui kedua media ini.
2)        Situs-situs underground yang menawarkan barang bajakan atau porografi. Situs semacam ini biasanya menyertakan virus dan spyware secara tersekubung bersama produk yang diberikan.
3)        Program-program yang didownload dari internet seperti game dan program-program gratisan dengan informasi pembuat program yang tidak jelas.

Daftar Pustaka :
Enterprise, Jubilee (2009). 3 Langkah Jitu Hajar dan Musnahkan Virus. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar