Minggu, 30 Oktober 2011

BAB II (Ilmu Sosial Dasar #)


PENDUDUK, MASYARAKAT Dan KEBUDAYAAN

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan mempunyai hubungan yang erat antara satu sama lainnya. Dimana penduduk adalah sekumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.Sedangkan masyarakat merupakan sekumpulan penduduk yang saling berinteraksi dalam suatu wilayah tertentu dan terikat oleh peraturan – peraturan yang berlaku di dalam wilayah tersebut. Oleh karena itu penduduk, masyarakat dan kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Kebudayaan sendiri berarti hasil karya manusia untuk melangsungkan ataupun melengkapi kebutuhan hidupnya yang kemudian menjadi sesuatu yang melekat dan menjadi ciri khas dari pada manusia ( masyarakat ) tersebut.
Berikut adalah pengertian yang lebih jelas dari Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan.


1. Pengertian Penduduk 

            Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula. Dalam arti luas, penduduk atau populasi berarti sejumlah makhluk sejenis yang mendiami atau menduduki tempat tertentu.
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
Pertama orang yang tinggal di daerah tersebut. Dan kedua orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.


1.1 Angka Kelahiran

Dalam demografi, istilah tingkat kelahiran atau crude birth rate (CBR) dari suatu populasi adalah jumlah kelahiran per 1.000 orang tiap tahun. Secara matematika, angka ini bisa dihitung dengan rumus CBR = n/((p)(1000)); di mana n adalah jumlah kelahiran pada tahun tersebut dan p adalah jumlah populasi saat penghitungan. Hasil penghitungan ini digabungkan dengan tingkat kematian untuk menghasilkan angka tingkat pertumbuhan penduduk alami (alami maksudnya tidak melibatkan angka perpindahan penduduk (migrasi).
Indikator lain untuk mengukur tingkat kehamilan yang sering dipakai: tingkat kehamilan total - rata-rata jumlah anak yang terlahir bagi tiap wanita dalam hidupnya. Secara umum, tingkat kehamilan total adalah indikator yang lebih baik untuk tingkat kehamilan daripada CBR, karena tidak terpengaruh oleh distribusi usia dari populasi.
Tingkat kehamilan cenderung lebih tinggi di negara yang ekonominya kurang berkembang dan lebih rendah di negara yang pertumbuhan ekonominya tinggi.

Metode lain untuk menghitung tingkat kelahiran

General fertility rate (GFR) – mengukur angka kelahiran tiap 1.000 wanita yang berusia 15 - 45 tahun.
Standardised birth rate (SBR) – membandingkan struktur usia-jenis kelamin.
Total fertility rate (TFR) – jumlah rata-rata anak yang diperkirakan akan dilahirkan seorang wanita sepanjang usia produktifnya untuk melahirkan.

Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kelahiran

  • Kebijakan pro-natalis dan anti-natalis dari pemerintah
  • Tingkat aborsi
  • Struktur usia-jenis kelamin yang ada
  • Kepercayaan sosial dan religius - terutama berhubungan dengan kontrasepsi
  • Tingkat buta aksara pada wanita
  • Kemakmuran secara ekonomi (walaupun pada teorinya ketika sebuah keluarga memiliki ekonomi yang baik, mereka mampu untuk membiayai lebih banyak anak, dalam praktiknya kemakmuran ekonomi dapat menurunkan tingkat kelahiran)
  • Tingkat kemiskinan – anak-anak dapat dijadikan sumber ekonomi pada negara berkembang karena mereka bisa menghasilkan uang (tenaga kerja anak)
  • Angka Kematian Bayi - sebuah keluarga dapat mempunyai lebih banyak anak jika angka kematian bayi (Infant Mortality Rate / IMR) tinggi.
  • Urbanisasi
  • Homoseksualitas - pria dan wanita homoseksual hampir seluruhnya tidak menjadi ayah dan ibu, mengurangi angka kelahiran tiap tahunnya.
  • Usia pernikahan
  • Tersedianya pensiun
  • Konflik

1.2 Angka Kematian

Angka kematian adalah ukuran jumlah kematian (secara umum, atau karena penyebab tertentu) dalam populasi tertentu, diskala untuk ukuran populasi yang, per satuan waktu. Angka kematian biasanya dinyatakan dalam satuan kematian per 1000 individu per tahun, dengan demikian, tingkat kematian 9,5 pada populasi 100.000 akan berarti 950 kematian per tahun di seluruh penduduk, atau 0,95% dari total. Hal ini berbeda dari tingkat morbiditas , yang mengacu pada jumlah individu dalam kesehatan yang buruk selama periode waktu tertentu ( angka prevalensi ) atau jumlah kasus baru yang muncul dari penyakit per unit waktu ( tingkat kejadian ). Istilah " kematian "juga kadang-kadang tidak tepat digunakan untuk merujuk kepada jumlah kematian di antara serangkaian kasus didiagnosis di rumah sakit untuk penyakit atau cedera, bukan untuk masyarakat umum dari suatu negara atau kelompok etnis. Ini statistik mortalitas penyakit ini lebih tepat disebut sebagai " kematian kasus ".
Satu membedakan:
  1. jumlah kematian per tahun per 1000 orang. Pada Juli 2009 [update] angka kematian kasar untuk seluruh dunia adalah sekitar 8,37 per 1000 per tahun menurut CIA World Factbook saat ini. [1]
  2. Para perinatal kematian menilai, jumlah kematian neonatal dan kematian janin (lahir mati) per 1000 kelahiran.
  3. Para kematian ibu menilai, jumlah kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup dalam periode waktu yang sama.
  4. kematian bayi tingkat, jumlah kematian anak-anak kurang dari 1 tahun per 1000 kelahiran hidup.
  5.  kematian anak, jumlah kematian anak-anak kurang dari 5 tahun per 1000 kelahiran hidup.
  6. rasio mortalitas standar (SMR) - ini merupakan perbandingan sebanding dengan jumlah kematian yang akan diharapkan jika penduduk telah komposisi standar dalam hal usia, gender, dll [2]
  7. usia Angka kematian spesifik (ASMR) - ini mengacu pada jumlah kematian per tahun per 1000 orang-orang dari usia tertentu (misalnya usia 62 ulang tahun terakhir).
Sehubungan dengan keberhasilan atau kegagalan dari medis pengobatan atau prosedur , kita juga akan membedakan:
  1. Tingkat kematian dini, jumlah kematian di tahap awal pengobatan yang sedang berlangsung, atau dalam periode segera menyusul akut pengobatan.
  2. Tingkat akhir kematian, jumlah kematian di tahap akhir pengobatan yang sedang berlangsung, atau jangka waktu yang signifikan setelah pengobatan akut.
Perhatikan bahwa angka kematian kasar seperti yang didefinisikan di atas dan diterapkan pada seluruh populasi dapat memberikan kesan menyesatkan. Angka kematian kasar tergantung pada usia (dan gender) angka kematian spesifik dan usia (dan jenis kelamin) distribusi penduduk. . Jumlah kematian per 1000 orang dapat lebih tinggi untuk negara maju daripada di negara-negara berkembang, meskipun harapan hidup yang lebih tinggi di negara maju karena standar kesehatan menjadi lebih baik. Hal ini terjadi karena negara-negara maju biasanya memiliki distribusi penduduk usia yang sama sekali berbeda, dengan proporsi yang jauh lebih tinggi dari orang tua, karena kedua lebih rendah terakhir tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang lebih rendah. Sebuah gambaran yang lebih lengkap dari kematian diberikan oleh tabel kehidupan yang menunjukkan tingkat kematian secara terpisah untuk setiap umur. Sebuah tabel hidup adalah diperlukan untuk memberikan perkiraan yang baik dari harapan hidup .


1.3 Migrasi

Migrasi manusia adalah gerakan fisik dengan manusia dari satu daerah ke daerah lain, kadang-kadang lebih dari jarak jauh atau dalam kelompok besar. Secara historis gerakan ini nomaden , sering menyebabkan konflik yang signifikan dengan penduduk pribumi dan mereka perpindahan atau asimilasi budaya . Hanya beberapa orang nomaden telah mempertahankan bentuk gaya hidup di zaman modernMigrasi terus dalam bentuk kedua migrasi sukarela dalam satu kawasan, negara, atau di luar dan migrasi spontan (yang meliputi perdagangan budak , perdagangan manusia dan pembersihan etnis ). Orang-orang yang bermigrasi ke wilayah yang disebut imigran , sementara pada titik keberangkatan mereka disebut emigran .  Populasi kecil bermigrasi untuk mengembangkan suatu wilayah dianggap batal penyelesaian tergantung pada latar belakang sejarah, kondisi dan perspektif disebut sebagai pemukim atau koloni , sementara populasi pengungsi oleh imigrasi dan kolonisasi disebut pengungsi . Sisa dari artikel ini akan mencakup perasaan adanya "perubahan tempat tinggal", bukan migrasi sementara perjalanan, pariwisata, ziarah, atau perjalanan tersebut.


1.4 Struktur Penduduk

Struktur penduduk suatu negara adalah bagaimana itu terdiri dari orang-orang dari berbagai usia, dan pria dan wanita. Metode umum untuk menampilkan struktur adalah dengan piramida penduduk. Diagram ini dibuat dengan menempatkan grafik batang dua (satu untuk laki-laki, satu untuk perempuan) berdampingan. From this you can read off what percentage of a population is of a certain gender and age range. Dari ini Anda bisa membaca dari apa yang persentase populasi adalah dengan jenis kelamin tertentu dan rentang usia. Pada contoh di bawah 4% dari populasi adalah perempuan berusia antara 25 dan 29.

Struktur Penduduk - Negara Berkembang

Piramida penduduk yang luas di dasar, yang berarti ada sebagian besar orang muda di negeri ini. Hal kemiringan sangat cepat saat Anda pergi ke dalam kelompok usia yang lebih tua, dan menyempit di bagian atas. Ini menunjukkan bahwa proporsi yang sangat kecil dari orang tua.
Bentuk piramida adalah khas dari negara berkembang, seperti Kenya atau Vietnam.

Struktur Penduduk - Negara Maju

Bentuk ini khas dari negara maju. Hal ini sempit di dasar, yang lebih luas di tengah, dan tetap cukup luas sampai paling atas, karena ada persentase yang cukup besar dari orang tua. Perhatikan bahwa ada lebih banyak perempuan daripada laki-laki tua.Italia dan Jepang memiliki struktur penduduk yang bentuk ini.



1.5  Rasio Ketergantungan

Ukuran porsi populasi yang terdiri dari tanggungan ( orang yang terlalu muda atau terlalu tua untuk bekerja). Ketergantungan rasio adalah sama dengan jumlah individu yang berusia di bawah 15 atau di atas 64 dibagi dengan jumlah individu berusia 15 sampai 64, dinyatakan sebagai persentase .Sebuah rasio ketergantungan yang meningkat merupakan masalah di banyak negara yang menghadapi populasi yang menua, karena menjadi sulit untuk pensiun dan jaminan sosial sistem untuk menyediakan populasi, jauh lebih tua tidak bekerja.
Suatu ukuran yang menunjukkan jumlah tanggungan (usia 0-14 dan di atas usia 65) dengan total populasi (usia 15-64). Juga disebut sebagai "rasio ketergantungan total".

Dihitung dengan:

Indikator ini memberikan wawasan tentang jumlah orang-orang non-usia kerja dibandingkan dengan jumlah orang usia kerja. Sebuah rasio tinggi berarti orang-orang usia kerja - dan perekonomian secara keseluruhan - menghadapi beban yang lebih besar dalam mendukung populasi yang menua.

Rasio ketergantungan muda mencakup hanya di bawah 15s, dan rasio ketergantungan lansia memfokuskan pada lebih dari 64. , jika pada populasi 1.000 ada 250 orang di bawah usia 15 dan 500 orang antara usia 15-64. Rasio ketergantungan muda akan menjadi 50% (250/500).


2.
Pengertian Masyarakat

Masyarakat adalah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Hal yang terpenting dalam masyarakat adalah pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.


3. Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan


 
Pada awal abad ke-3 dan ke-4 masehi, agama Hindu masuk ke indonesia khususnya ke pulau jawa. Perpaduan antara kebudayaan setempat dengan kebudayaan Hindu yang berasal dari India berlangsung dengan mantap. Sekitar abad ke-5, ajaran Budha atau budhisme masuk ke wilayah Indonesia, khususnya ke dalam pulau jawa. Agama/ajaran budha dapat dikatakan berpandangan lebih maju dari pada hinduisme, sebab dalam ajaran budhisme tidak mengenal adanya kasta-kasta dalam kehidupan masyarakat.

Walaupun demikian,kedua agama tersebut tumbuh dan berkembang berdampingan secara damai di Indonesia, Khususnya di dalam pulau jawa. Kedua penganut agama tersebut melahirkan karya budaya yang sangat bernilai tinggi dalam seni bangunan atau arsitektur, seni pahat,seni ukir, dan seni sastra. Salah satu contohnya adalah bangunan dan relief-relief yang di abadikan di dalam candi-candi di Indonesia, khususnya pulau jawa.

Kebudayaan Islam

Pada abad ke-15 dan ke-16, agama islam telah dikembangkan di indonesia, oleh para pemuka-pemuka islam yang disebut wali sanga. Titik sentral penyebaran agama islam saat itu berada di pulau jawa. Tetapi, sebenarnya agama islam telah masuk ke dalam pulau jawa pada abad ke-11 dengan bukti adanya wanita islam yang meninggal dan dimakamkan di Kota Gresik.Masuknya agama Islam ke Indonesia, khususnya ke dalam pulau jawa berlangsung secara damai. Karena islam masuk ke Indonesia tanpa unsur paksaan, melainkan dengan cara baik-baik.

Agama Islam berkembang pesat di Indonesia dan menjadi agama yang mendapat penganut sebagian besar penduduk Indonesia. Dan hal ini menyebabkan kebudayaan Islam mempunyai peranan besar dalam perkembangan kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.


 
Unsur kebudayaan yang juga memberi warna terhadap corak lain dari kebudayaan dan kepribadian bangsa indonesia adalah kebudayaan Barat. Awal kebudayaan Barat masuk ke negara Indonesia ketika terjadi penjajahan, terutama bangsa Belanda. Mulai dari penguasaan dan kekuasaan perusahaan dagang Belanda (VOC) dan berlanjut dengan pemerintahan kolonialisme Belanda, Indonesia telah dijajah selama 350 tahun. Dipusat kekuasaan pemerintahan Belanda, dikota-kota propinsi, kabupaten muncul bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur Barat. Dalam kurun waktu itu juga, dikota-kota pusat pemerintahan terutama di Jawa, Sulawesi Utara, dan Maluku berkembang dua lapisan sosial. Lapisan Sosial pertama, terdiri dari kaum buruh dari berbagai lapangan pekerjaan. Lapisan kedua, adalah kaum pegawai. Dalam lapisan sosial kedua inilah pendidikan Barat di sekolah-sekolah dan kemampuan dan kemahiran berbahasa Belanda menjadi syarat utama untuk mencapai kenaikan kelas sosial.

Akhirnya masih harus disebut pengaruh kebudayaan Eropa yang masuk juga kedalam kebudayaan Indonesia, ialah agama katolik dan agama kristen protestan. Agama-agama biasanya disiarkan dengan sengaja oleh organisasi-organisasi penyiran agama (missie untuk agama katolik dan zending untuk agama protestan) yang semuanya bersifat swasta. Penyiaran dilakukan terutama di daerah-daerah dengan penduduk yang belum pernah mengalami pengaruh agama hindu, budha, dan islam. daerah-daerah itu misalnya Irian Jaya, Maluku Tengah dan Selatan, Sulawesi Utara dan Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan pedalaman kalimantan.

Referensi :
http://vandredi-blog.blogspot.com/2010/02/kebudayaan-barat.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Tingkat_kelahiran
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Mortality_rate
http://keripiku.blogspot.com/2010/10/penduduk-masyarakat-dan-kebudayaan.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Human_migration
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.scalloway.org.uk/popu4.htm
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.investorwords.com/1409/dependency_ratio.html
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.investopedia.com/terms/d/dependencyratio.asp
http://vandredi-blog.blogspot.com/2010/02/kebudayaan-hindu-budha-dan-islam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar